Jadi, apa itu UGC & mengapa kiprahnya begitu efektif pada pemasaran merk ?
Pengertian user generated content & kiprahnya bagi merk
UGC atau User Generated Content merupakan jenis konten baik itu teks, gambar atau video mengenai suatu merk atau produk yg dibentuk & dibagikan sang pengguna atau konsumen pada media umum atau platform online lainnya.
Ini mampu berupa komentar, review, podcast, blog, atau unggahan pada media umum lainnya. UGC sendiri gratis, nir berbayar, & sepenuhnya bergantung dalam pengguna yg mempromosikan konten tadi.
Ada beberapa hal yg menciptakan User Generated Content mempunyai kiprah krusial pada taktik pemasaran sebuah merk atau produk, yaitu:
1. Sifatnya yg autentik bisa mendorong pembelian konsumen
Lantaran dibagikan sang pengguna yg bukan tiba menurut kalangan merk, konten UGC dipercaya lebih autentik & amanah sebagai akibatnya pelanggan lebih mempercayainya dibanding konten menurut merk itu sendiri.
Ini dibuktikan pada studi yg mengungkapkan bahwa 85 % konsumen mengaku lebih mempercayai UGC dibanding konten menurut merk. Rasa percaya ini yg lalu bisa mendorong pengguna buat melakukan pembelian atas suatu barang.
Lagipula waktu tetapkan membeli suatu produk, orang cenderung lebih mempercayai saran menurut sesama pembeli yg menggunakan barang tadi, bukan? Ini yg menciptakan UGC membawa kiprah krusial bagi merk.
Survei jua menerangkan bahwa pelaku e-commerce bahkan bisa menaikkan taraf konversi pembelian sampai 4, dengan user generated content.
2. Meningkatkan loyalitas & keterlibatan pelanggan
UGC bisa mendorong pelanggan buat terus mengungkapkan merk, menunjukkan feedback & menciptakan bunyi mereka didengar. Hal ini secara nir pribadi menaikkan keterlibatan pelanggan akan produk itu sendiri.
Tidak hanya itu, lantaran sifatnya yg autentik, UGC jua bisa menaikkan agama & loyalitas pelanggan terhadap merk. Jika dikelola menggunakan sempurna, nir menutup kemungkinan apabila engkau bahkan bisa membangun merk community yg tentunya akan berguna bagi taktik pemasaran merek pada lalu hari.
3. Mengetahui cara pandang pelanggan terhadap merk
Dengan menganalisa User Generated Content, merk bisa mengumpulkan insight pelanggan terhadap mereka.
Ini tentu akan sangat berguna waktu merek wajib merancang taktik pemasaran yg sempurna sebagai akibatnya bisa membantu membentuk lead & penjualan.
4. Menunjang taktik SEO
Brand bisa memperoleh backlick menurut konten yg dipublikasikan pengguna pada blog mereka. Studi menemukan bahwa 20 merek terbesar dunia, output pencarian mereka merupakan tautan ke konten yg dibentuk pengguna.
Ulasan pelanggan yg positif jua bisa menaikkan peringkat SEO sebagai akibatnya semakin poly traffic organic yg masuk ke situs engkau .
5. Meningkatkan jangkauan & pertumbuhan media umum
Menjalankan kampanye UGC pada media umum jua sebagai taktik yg baik buat menaikkan jumlah follower, reach, merk awareness, traffic situs merk & metrik misalnya likes, share, comment, & retweet.
6. Lebih irit uang & saat
UGC juga bisa sebagai asal daya yg irit porto & saat bagi taktik pemasaran merk. Sebab, secara nir pribadi pelanggan akan membantu pekerjaanmu pada memasarkan produk.
Tidak hanya itu, UGC jua membuatmu mempunyai asal konten yg berkualitas & majemuk bagi taktik pemasaran.
Tips memakai User Generated Content pada taktik pemasaran
Setelah mengetahui beberapa manfaatnya, lantas bagaimana cara memakai UGC ke pada taktik pemasaran merk? Berikut beberapa saran yg mampu engkau pertimbangkan:
1. Review menurut pengguna
Doronglah pelanggan buat meninggalkan ulasan mengenai merk engkau pada situs merk, page facebook, atau situs ulasan pihak ketiga.
Ulasan pengguna merupakan galat satu jenis UGC yg bisa menaikkan traffic ke situs dan menaikkan taraf konversi. Kamu jua bisa memberi bonus misalnya anugerah kupon, poin & kartu bantuan gratis buat memotivasi mereka.
Gunakan email marketing buat mengajak mereka menulis ulasan pelanggan tadi & tunjukan perilaku sopan & kepedulian engkau terhadap pandangan & pengalaman mereka terhadap merk.
Jangan juga pribadi putus harapan waktu menerima ulasan negatif menurut pelanggan. Anggap ini merupakan peluang buat memperbaiki diri & menerima agama pelanggan pulang. Lagipula, ulasan positif & baik sama-sama memainkan kiprah krusial pada membantu merk terlihat autentik pada mata pelanggan.
2. Buat kontes menggunakan memakai tagar spesifik
Salah satu wangsit lain menerapkan user generated content buat taktik marketing merupakan mengadakan kontes pada media umum menggunakan memakai hashtag spesifik.
Doronglah pengguna buat mengembangkan konten misalnya foto & video pada media umum menggunakan disertai tagar spesifik buat memenangkan bantuan gratis eksklusif.
Dengan begini engkau bisa menaikkan keterlibatan audiens, menciptakan pencerahan merek & nir menutup kemungkinan menaikkan penjualan.
Jangan lupa supaya tagar yg engkau untuk merupakan tagar yg sederhana, gampang diingat, tetapi bisa membedakan engkau menurut para pesaing lainnya.
3. Buatlah gamification
Cara lain menciptakan User Generated Content & melibatkan pengguna merupakan melalui gamification. Ciptakan gamification dimana pengguna wajib merampungkan beberapa tugas contohnya buat menerima reward atas partisipasi mereka.
Gunakan konsep misalnya level, papan peringkat, poin, & lain-lain buat menciptakan pengguna merampungkan tugas eksklusif & menunjukkan pencapaian mereka tadi pada media umum.
Contoh sederhana mampu engkau lihat dalam merk Nike yg memasukkan unsur gamification pada aplikasinya dimana pelari bisa melacak aktifitas fisik mereka misalnya jarak, kalori yg terbakar, & sebagainya.
Hasil gamifikasi ini yg lalu bisa dibagikan pengguna ke media umum. Pelanggan mungkin akan menunjukkan hasilnya lantaran merasa puas sudah merampungkan suatu misi.
Di sisi lain merk jua akan diuntungkan lantaran waktu pelanggan menunjukkan konten tadi ke media umum secara nir pribadi jua membantu menaikkan kehadiran & visibilitas merk pada media umum.
4. Berikan ruang bagi pelanggan
apabila selama ini pelanggan senang memberi tag atau tagar merk engkau pada unggahan instagram mereka, maka gunakanlah ini menjadi peluang pada taktik pemasaran engkau .
Posting pulang konten pelanggan tadi ke platform media umum engkau , tentunya sehabis meminta biar sebelumnya pada mereka. Cara ini nir hanya sebagai cara memanfaatkan UGC bagi merk, tetapi jua menjadi bentuk apresiasi bagi pelanggan yg memberikan minat dalam merk engkau .
Itulah penerangan tentang user generated content & bagaimana kiprahnya pada taktik pemasaran sebuah merk yg wajib engkau simak.
apabila engkau ingin menaikkan keterlibatan pengguna maka pastikan engkau memasukkan user generated content pada taktik content marketing.
Posting Komentar